Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2024): Edisi November 2024

Pendidikan Sekolah Inklusif dengan Kurikulum Alam di Kabupaten Bogor

Almi, Ara Annisa (Unknown)
Makarim, Akhmad Yassir (Unknown)
Gusti, Utari Akhir (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2024

Abstract

Pendidikan merupakan hak yang harus didapatkan oleh semua orang. Faktanya, tantangan utama yang dihadapi dunia pendidikan saai ini adalah sejauh mana dapat mengenali dan mengatasi berbagai macam kebutuhan seluruh populasi peserta didik, tidak terkecuali bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Peserta didik yang tergolong berkebutuhan khusus memperoleh hak yang sama dengan setiap warga negara lainnya. Maka dari itu, pemerintah menginisasi program Pendidikan Inklusif sebagai solusi terhadap kecemasan tentang suatu kelompok ini sehingga menjadi upaya yang difokuskan untuk mengatasi hambatan untuk belajar dan berpartisipasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari observasi, wawancara, dan studi pustaka. Pendekatan yang digunakan sekolah dengan Kurikulum Alam di Kabupaten Bogor terdiri dari pendekatan dari kepala sekolah, pendidik dan terutama orang tua. Ketiganya memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan anak ABK. Dunia pendidikan tidak hanya fokus pada pendidikan biasa, juga seharusnya pada inisiatif terhadap kurikulum yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan menawarkan kesempatan yang lebih luas. Sekolah alam di Kabupaten Bogor menjadi solusi yang dapat digunakan oleh guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Other

Description

Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada publikasi hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat, khususnya yang dilakukan oleh akademisi, praktisi, dan lembaga-lembaga non-profit yang memiliki kepedulian terhadap pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan ...