Penguatan literasi di taman kanak-kanak (TK) merupakan Langkah fundamental untuk memastikan perkembangan keterampilan baca dan tulis yang baik pada anak-anak. Pengabdian ini mengeksplorasi upaya penguatan bacaan dan penulisan di TK An-Nur Jorong Air Talang, dengan tujuan untuk membangun fondasi literasi yang kokoh. Melalui analisis terhadap praktik pengajaran literasi, metode yang diterapkan, dan dampaknya terhadap kemampuan awal siswa, pengabdian ini menemukan bahwa pendekatan yang sistematis dan menyenangkan dalam pengajaran literasi secara signifikan meningkatkan minat dan keterampilan membaca serta menulis anak-anak. Pengabdian ini menggunakan metode dengangan pendekatan Service Learning dan Participatory Action Research (PAR). Hasil pengabdian ini menujukkan bahwa pelaksanaan program literasi yang terintegrasi dengan kegiatan belajar yang aktif dan inovatif mendukung perkembangan kognitif dan sosial anak. Pengabdian merekomendasikan penerapan strategi literasi yang menyeluruh dan berkelanjutan, termasuk pelatihan guru dan pengembangan materi ajar yang relevan, untuk memperkuat kemampuan literasi anak-anak di TK An-Nur Jorong Air Talang.
Copyrights © 2025