Kurikulum Merdeka merupakan terobosan baru yang dilakukan pemerintah untukmemberikan keleluasaan terhadap peserta didik dalam pembelajaran. Penerapankurikulum merdeka dalam pada pembelajaran PJOK pendidik harus memilikikemampuan untuk mengemas pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui : (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Evaluasi pembelajaran PJOKdalam Kurikulum Merdeka di SD Negeri Se-Kecamatan Sumowono. Jenis penelitian inimerupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 12 guru PJOK di SD NegeriSe-Kecamatan Sumowono. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dandokumentasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran PJOK dalam kurikulummerdeka dikategorikan cukup hal ini dibuktikan masih banyaknya guru PJOK yangmasih belum cukup siap dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran KurikulumMerdeka (2) Pelaksanaan pembelajaran PJOK dalam Kurikulum Merdeka dikategorikancukup karena pelaksanaan pembelajaran guru telah melakukan tahapan pendahuluan,inti dan penutup dan pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru tetapi pada siswa (3)Evaluasi pembelajaran PJOK dalam kurikulum merdeka dikategorikan cukup karenaguru tidak hanya menilai pada hasil ulangan harian, ulangan tengah semester danulangan akhir semester namun guru juga menilai dari kognitif, psikomotorik dan afektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024