Penelitian ini didasari oleh temuan penulis di lapangan bahwasannya di KecamatanSayung Kabupaten Demak yang terletak di daerah pesisir pantai utara Jawa, sarana danprasarana PJOK belum memadai. Fokus permasalahan dari penelitian ini adalahKendala Sarana dan Prasarana pembelajaran Pendidikan Jasmani di Kecamatan SayungKabupaten Demak. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa tingkatKreativitas Guru Pendidikan Jasmani dalam mengajar Pembelajaran PendidikanJasmani di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Metode Penelitian ini menggunakanPenelitian Kuantitatif Deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakanAngket dan Dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah semua Guru PendidikanJasmani Sekolah Dasar di Daerah Pesisir Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Hasilpenelitian ini menunjukan bahwa terdapat kendala-kendala sarana dan prasarana dalampembelajaran Pendidikan Jasmani terutama di luar kelas di Kecamatan Sayung, contohkendala yang muncul adalah tergenangnya area lapangan sekolah, ketersediaan alatolahraga yang terbatas, kondisi alat olahraga yang tidak layak, media pembelajaran yangdiberikan guru kurang menarik, ketertarikan pada olahraga yang masih sangat minim.Dari hasil ini peneliti menyarankan agar Guru Penjas Sekolah Dasar di daerah pesisirKecamatan Sayung Kabupaten Demak dapat meningkatkan kemampuannya dalammemahami permasalahan yang ada dan meningkatkan keterbukaannya terhadap aksesinformasi dan hal-hal baru dari luar serta mempertahankan kemampuannya dalammenciptakan ide dan modifikasi sarpras yang telah dilakukan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024