Jurnal Ilmiah Bisnis Digital
Vol. 1 No. 1 (2024): Nopember 2024

Transformasi Pasar Modal Syariah Melalui Inovasi Digital: Peluang dan Tantangan

Pramono, Sigit (Unknown)
Fakhrina, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Keberadaan investasi syariah sangat penting tidak hanya karena kepatuhannya terhadap prinsip-prinsip agama Islam, tetapi juga semakin relevan dengan pertumbuhan ekonomi dan keuangan global. Kehadiran inovasi syariah di pasar modal diyakini akan membuat instrumen keuangan syariah semakin diminati dan dipercaya investor. Selain itu, melalui penerapan prinsip syariah pada perbankan dan operasional investasi, inovasi ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode library research, di mana berbagai sumber literatur seperti jurnal akademik, buku, laporan industri, dan artikel lainnya dikaji secara mendalam. Hasil dari penelitian ini yaitu inovasi digital yang termasuk penggunaan Peer-to-Peer (P2P) Lending Syariah, Equity Crowdfunding Syariah, aplikasi Robo-Advisor untuk Investasi Syariah, regulasi Sandbox untuk Fintech Syariah, penerbitan Sukuk berbasis Blockchain, dan penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) telah mengubah secara signifikan cara operasional dan interaksi dalam pasar modal syariah. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa inovasi digital dapat meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan transparansi, yang pada akhirnya dapat memperluas basis investor dan meningkatkan kepercayaan dalam pasar modal syariah. Dengan terus mengembangkan inovasi dalam aktivitas investasi di pasar modal syariah, diharapkan industri keuangan syariah di Indonesia dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Muslim dalam berinvestasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bisnistek

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Bisnis Digital (BISNISTEK) (E-ISSN : 3063-9441) merupakan Jurnal nasional dengan akses terbuka yang menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang Bisnis Digital. Ruang Lingkup Jurnal meliputi Digital Marketing, E-Commerce, Strategi bisnis digital, Teknologi dalam bisnis, Revolusi ...