Persaingan bisnis yang ketat dan pertumbuhan teknologi informasi yang sangat pesat membuat pelanggan mudah beralih ke pesaing. Loyalitas pelanggan semakin menunjukkan penurunan karena kemudahan menemukan berbagai barang dengan fitur terkini dengan memanfaatkan berbagai teknologi media sosial. Kondisi ini jelas mengharuskan manajemen perusahaan mencari terobosan baru agar dapat mempertahankan loyalitas pelanggannya. Sistem E-CRM (electronic Customer Relationship Management) merupakan solusi tepat dalam membangun hubungan yang erat antara perusahaan dengan pelanggan. Tujuan dari penelitian menghasilkan sistem E-CRM yang dapat membantu pihak manajemen distributor sparepart sepeda motor mengetahui dan mengelola semua pengetahuan dan kebutuhan pelanggan secara lebih personal sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat dan berkualitas dalam meningkatkan kepuasan dan upaya mempertahankan loyalitas pelanggan. Perancangan sistem E-CRM menggunakan metode RAD (Rapid Application Development). Hasil penelitian memperlihatkan sistem E-CRM dapat memberikan kemudahan dalam mengelola semua data pelanggannya dan menarik calon pelanggan baru melalui fasilitas yang komunikatif dan interaktif secara online. Sistem E-CRM ini memiliki basis data pengetahuan dan informasi dari masing-masing pelanggan sehingga setiap saat dapat menyediakan dan menawarkan barang sesuai kebutuhan tanpa sepengetahuan mereka.Â
Copyrights © 2015