LAN TABUR: JURNAL EKONOMI SYARIAH
Vol. 2 No. 1 (2020): September

ANALISIS PERMINTAAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DAN PRODUSEN DALAM ISLAM PADA MASYARAKAT

Sindy Vebri Permatasari (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Perilaku konsumen merupakan perilaku yang diperhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan mengabaikan produk, jasa atau ide yang diharapkan dapat memuaskan konsumen. Sedangkan perilaku produsen menjelaskan bagaimana perilaku produsen dalam menghasilkan produk yang selalu berupaya untuk mencapai efisiensi dalam kegiatan produksinya. Penulisan karya ilmiah menggunakan metode penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan data berupa kata, kalimat, gambar, atau data bukan berupa skala interval dan skala rasio melainkan berupa skala rendah yaitu skala nominal dan skala ordinal. Sedangkan penelitian kuantitatif adalah penelitian yang lebih didasarkan pada data yang dapat dihitung untuk menghasilkan interpretasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari didasarkan pada beberapa faktor, seperti pendapatan, faktor motivasi dari dalam, faktor kepuasan, dan faktor harga suatu barang. Sedangkan yang mempengaruhi naik turunnya jumlah persediaan adalah faktor harga barang lain, tujuan perusahaan, faktor biaya produksi, dan tingkat teknologi yang digunakan dalam memproduksi suatu barang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

LT

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The scope of Lan Tabur: JURNAL EKONOMI SYARIAH are limited to Islamic Economics, Islamic Mangement, Islamic Economics Law, Islamic Banking and Finance, Management zakat, Infaq, Shadaqah, and Waqaf. Islamic Entreprenuership an business, Islamic Economics Thought, Islamic Insurane, and Islamic ...