JURNAL KEPERAWATAN
Vol 18 No 1 (2020): Jurnal Keperawatan

Kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan

Afif Hidayatul Arham (STIKES Insan Cendekia Medika Jombang)
Ucik Indrawati (STIKES Insan Cendekia Medika Jombang)
Khusnul Khotimah (STIKES Insan Cendekia Medika Jombang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Kepuasaan pasien terhadap pelayanan perawatan merupakan indikasi kualitas pelayanan keperawatan. Kepuasan pasien menumbuhkan motivasi positif terhadap kesembuhan pasien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif. Populasi penelitian ini menggunakan populasi seluruh pasien yang menjalani di Ruang Cempaka dan Melati RSU Arafah Anwar Medika Sukodono sebesar 60 orang. Variabel penelitian ini adalah kepuasan pasien. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan. Analisis data dengan editing, skoring dan tabulating. Hasil penelitian menunjukan bahwa 60% pasien menyatakan puas dengan pelayanan perawat, sisanya 25% menyatakan sangat puas dan 15% menyatakan kurang puas. Kesimpulan penelitian ini sebagian besar pasien menyatakan puas dengan pelayanan perawat. Diharapkan Rumah Sakit sebagai institusi penyedia layanan selalu memberikan motivasi serta dorongan kepada perawat untuk meningkatkan kemampuan baik soft maupun hard skill.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

jurnal keperawatan memuat karya ilmiah tentang keperawatan di bidang keperawatan maternal, anak, geronti, komunitas dan lain ...