Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterampilan, kompetensi, dan profesionalisme terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Malinau, serta mengevaluasi peran pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sebagai variabel moderasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner yang diisi oleh 93 pegawai di Kantor BPKD Kabupaten Malinau. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dan profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan publik. Keterampilan pegawai, yang mencakup kemampuan teknis, analitis, dan interpersonal, terbukti meningkatkan efektivitas serta efisiensi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Profesionalisme, yang mencakup etika kerja, komitmen, dan keahlian teknis, juga memiliki peran penting dalam memastikan kualitas pelayanan yang optimal. Namun, kompetensi tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik, yang mengindikasikan perlunya strategi tambahan untuk meningkatkan kontribusi kompetensi dalam pelayanan
Copyrights © 2025