Bisnis, Jasa dan Keuangan
Vol. 1 No. 2 (2025): JULI-BISNIS,JASA DAN KEUANGAN

PENGARUH FAKTOR INTERNAL TERHADAP KINERJA UMKM OLAHANNANAS DI DESA TANGKIT BARU

Siti Sahra Wati (Unknown)
Agustina Mutia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor internal berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM olahan nanas di Desa Tangkit Baru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan metode analisis data yang di gunakan adalah Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal usaha berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, dengan nilai signifikansi p < 0,05, yang tercermin dalam peningkatan kapasitas produksi dan daya saing usaha. Inovasi produk juga memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan daya tarik produk, dengan nilai signifikansi p < 0,05, yang berdampak pada peningkatan jumlah penjualan. Selain itu, strategi pemasaran berperan penting dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan profitabilitas, dengan nilai signifikansi p <0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki peranyang signifikan dalam menentukan keberhasilan UMKM olahan nanas di Desa Tangkit Baru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bijak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnis, Jasa dan Keuangan (E-ISSN: 3089-4166) merupakan jurnal terbitan dua tahunan yang terbit pada bulan Januari dan Juli. Jurnal ini berfungsi sebagai wadah penyebaran hasil penelitian teoritis dan empiris, dengan fokus pada kemajuan signifikan bidang Bisnis, Jasa dan Keuangan. Ruang lingkup ...