Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Saluran Pemasaran yang ada pada Tembakau di Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo dan mengetahui efisiensi pemasaran tembakau di Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran usahatani tembakau di Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan yaitu saluran pemasaran I yaitu: Petani → pedagang pengepul → konsumen; II yaitu: Petani → pedagang pengecer → konsumen; dan III yaitu: Petani → pedagang pengepul → pedagang pengecer →konsumen. Marjin pemasaran yang paling tinggi adalah pada tingkat pedagang pengepul dengan jumlah Rp. 14.000 per kg dan efisiensi pemasaran yang paling baik berdasarkan farmer’s share adalah tingkat pedagang pengecer dengan nilai 84,93%. Tingkat efisiensi pemasaran petani 2,09, pedagang pengepul 1,22 dan pedagang pengecer 1,12 lebih besar dari 1, hal tersebut berarti semua pelaku usahatani efisien
Copyrights © 2024