Evaluasi Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) di Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang (Studi Kasus: SMKN 1 Pandeglang). Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya sosialisasi dari pihak sekolah mengenai tujuan Program Indonesia Pintar, tidak ada pengawasan dalam penggunaan dana Program Indonesia Pintar, dan pencairan dana Program Indonesia Pintar tidak tepat waktu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil Evaluasi Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) di Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang (Studi Kasus: SMKN 1 Pandeglang). Menggunakan teori model Countenance Stake yang meliputi aspek Antecedent (kesiapan penerima PIP), Transactions (pelaksanaan PIP), dan Outcomes (pemanfaatan PIP). Penelitian ini penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 69 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling dengan menggunakan t (test) satu sampel dengan uji pihak kanan. Hasil penelitian ini adalah 66% dan termasuk dalam kategori baik. Saran yang dapat direkomendasikan untuk penelitian ini adalah koordinasi antara pihak sekolah dan Lembaga penyalur untuk menyalurkan dana PIP tepat waktu sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS), diadakannya konsultasi terkait pengguaan dana PIP, dilakukannya pengawasan/monitoring agar meminimalisir penyalahgunaan dana dan tercapainya tujuan dari PIP.
Copyrights © 2025