Porang merupakan tanaman umbi yang memiliki nilai ekonomi dan permintaan yang tinggi di pasar luar negeri. Penelitian mengkaji profitabilitas usaha porang yang dijalankan oleh CV Porang Center Indo Sedan, Rembang selama 3 periode. Penelitian bertujuan untuk menganalisis besarnya biaya produksi, penerimaan dan profitabilitas usaha porang CV Porang Center Indo Sedan, Rembang. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif yang digunakan berupa analisis biaya produksi, penerimaan, profitabilitas dan rasio profitabilitas GPM, NPM, ROI dan ROE. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa jumlah biaya produksi dan penerimaan dari tahun 2019-2021 mengalami kenaikan dengan nilai secara berturut–turut yaitu Rp17.387.484.000,00; Rp18.072.796.000,00 dan Rp18.290.157.600,00 untuk biaya produksi serta Rp22.136.400.000,00; Rp23.234.640.000,00 dan Rp23.454.288.000,00 untuk penerimaan. Hasil analisis profitabilitas menunjukkan usaha porang yang dijalankan dalam keadaan menguntungkan. Hasil analisis rasio profitabilitas yang dihasilkan secara umum menunjukkan perusahaan dalam kondisi baik. Perkembangan nilai ROI dan ROE dari tahun 2019–2021 terus menurun menandakan semakin menurunnya efisiensi perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.Kata kunci: biaya produksi, penerimaan, profitabilitas, porang
Copyrights © 2023