Abstrak: Sebagai produk lokal, “Sagu Bunga” memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Namun, diperlukan perbaikan dalam pengelolaan keuangan, kualitas kemasan, serta strategi pemasaran yang lebih efektif. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan usaha rintisan yang telah dilakukan melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan Mitra dalam bidang manajemen dan pemasaran. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa sosialisasi literasi pengelolaan keuangan dan strategi kemasan, serta pelatihan desain label produk dan pembuatan kemasan standing pouch, serta pelatihan penggunaan e-commerce yang dilakukan melalui tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, serta keberlanjutan program. Kegiatan ini dilakukan terhadap Kelompok TP-PKK Negeri Oma, Maluku Tengah yang beranggotakan 26 orang. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk kegiatan sosialiasasi sejumlah 15 soal, serta 5 butir formulir checklist untuk masing-masing kegiatan pelatihan. Hasil yang dicapai meununjukkan adanya peningkatan pengetahuan Mitra terhadap pengelolaan keuangan dan strategi kemasan sebesar 85,3%, peningkatan keterampilan untuk pembuatan desain dan kemasan standing pouch sebesar 86%, serta pengelolaan e-commerce sebesar 95%.Abstract: As a local specialty, 'Sago Bunga' holds significant potential to enhance community welfare. However, improvements are necessary in financial management, packaging quality, and marketing strategies. Therefore, this activity aims to optimize the existing micro-enterprises by enhancing Partners' knowledge and skills in management and marketing. The implementation method of this activity is socialization of financial management literacy and packaging strategies, training in product label design, standing pouch packaging, and the use of e-commerce which is done through the stages of preparation, implementation, evaluation, and program sustainability. This activity was conducted for the 26-member TP-PKK Negeri Oma Group in Central Maluku. The assessment was done through pre-tests and post-tests consisting of 15 questions for the socialization activity, and 5-item checklists for each training activity. The results achieved demonstrated an 85.3% increase in Partners' knowledge of financial management and packaging strategies, a 86% increase in their skills in creating standing pouch designs and packaging, and an 95% improvement in e-commerce management skills.
Copyrights © 2025