Penelitian ini berguna agar mengetahui pemasukan usaha pembudi daya serta kinerja pemasaran komoditas rumput laut pada Desa Binalawan. Metode pengambilan data yang dipakai yaitu dengan wawancara. Metode pemilihan sampel yang dipakai yaitu Purposive sampling pada total sampel sebanyak 38 responden nelayan rumput laut dan 4 responden pedagang rumput laut. Metode analisis data yang dipakai termasuk deskriptif serta analisis kuantitatif seperti menghitung marjin pemasaran, farmer’s share, serta efisiensi pemasaran. Hasil penelitian memaparkan jika rata-rata pendapatan nelayan rumput laut adalah Rp 367.134.725 per musim tanam, ini memaparkan jika usaha pembudi daya rumput laut paling menguntungkan sehingga dapat dikatakan sangat layak untuk diteruskan. Terdapat 2 tingkat saluran pemasaran dengan nilai marjin pemasaran, farmer’s share serta efisiensi oleh semua lembaga pemasaran seperti : saluran pemasaran tingkat 2 memperoleh nilai marjin pemasaran sebanyak Rp.1.700/kg, Farmer’s share 88,4% dan efisiensi pemasarannya sebesar 4,8%. Sedangkan pada salurang pemasaran tingkat 3 pada marjin pemasaran Rp 1.800/kg, Farmer’s share 88,0% serta efisiensi pemasaran 5,3%. Dari kedua saluran pemasaran tersebut yaitu saluran pemasaran tingkat 2 dan 3 sudah efisien
Copyrights © 2024