Abstrak: Kota Malang membutuhkan bantuan dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menanggulangi permasalahan sampah serta pemanfaatan sumber daya alam yang tidak berkelanjutan. Kegiatan pemberdayaan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian lingkungan dan pengetahuan guru sekolah dalam pengolahan sampah berkelanjutan menggunakan eco-enzyme, serta menjaring kolaborasi pemangku kepentingan dalam mewujudkan sekolah adiwiyata yang bersih, sehat, dan berkelanjutan. Pemberdayaan sekolah ini menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Mitra dalam kegiatan ini terdiri dari 14 sekolah binaan yang mencakup jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di Kota Malang, dengan total 21 guru yang terlibat sebagai pendamping. Hasil evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan sebesar 4,05% dalam sikap kesadaran lingkungan, 7% dalam pengetahuan tentang eco-enzyme, serta 24% dalam persepsi guru terkait Adiwiyata. Hal ini membuktikan bahwa program Adiwiyata berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman tentang pengolahan sampah di sekolah.Abstract: The city of Malang requires support in preserving the environment, addressing waste management issues, and tackling the unsustainable use of natural resources. This school empowerment initiative aims to enhance environmental awareness and increase teachers' knowledge of sustainable waste management using eco-enzyme, while fostering stakeholder collaboration to create clean, healthy, and sustainable Adiwiyata schools. The program employs the Participatory Rural Appraisal (PRA) method. The partners involved include 14 target schools, encompassing elementary, middle, high, and vocational schools in Malang, with a total of 21 teachers serving as mentors. Evaluation results from pre-test and post-test assessments indicate a 4.05% improvement in environmental awareness, a 7% increase in knowledge about eco-enzyme, and a 24% enhancement in teachers' perceptions of Adiwiyata. These findings demonstrate that the Adiwiyata program contributes to improving understanding of waste management in schools.
Copyrights © 2025