Gadget adalah alat elektronik yang dibuat untuk menjalankan fungsi tertentu dengan cara yang efisien dan praktis. Alat ini dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan harian, seperti berkomunikasi, mencari hiburan, mengakses informasi, belajar, atau mendukung pekerjaan. Karena sifatnya yang mudah digunakan, gadget banyak dipakai oleh berbagai kelompok usia, termasuk anak-anak. Namun, penggunaannya tetap harus disesuaikan dengan usia dan kebutuhan, serta perlu adanya pengawasan dan pembatasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali pengalaman orang tua dalam mendampingi penggunaan gadget terhadap kesehatan mental pada anak usia sekolah (Kelas 4-6) di Dusun Temurejo, Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 7 partisipan yakni orang tua siswa-siswi sekolah dasar kelas 4-6. Partisipan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara mendalam. Teknik analisa data dengan menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Penelitian dimulai dari membaca Kembali transkrip verbatim, kemudian menandai teks yang dianggap penting, data direduksi dengan mengidentifikasi tema-tema utama, hasil tema tersebut disajikan dalam bentuk tabel yang menggambarkan pengalaman orang tua.Hasil penelitian ini ditemukan 5 tema yaitu (1) Pengenalan Gadget Sejak Usia Dini, (2) Penggunaan Gadget Yang Melebihi Batas, (3) Ketidakmampuan Pengendalian Emosi, (4) Kurangnya Interaksi Sosial, (5) Pentingnya Kontrol dan Pendampingan dari Orang Tua. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa keterlibatan orang tua sangat penting dalam mendampingi serta menetapkan batasan penggunaan gadget pada anak, agar risiko dampak negatif yang mungkin muncul dapat dikurangi.
Copyrights © 2025