Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 1 (2025): Februari - April

Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Clothing Bahja Syari

Ridwan, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pada penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui sekaligus menganalisis kondisi dan juga menentukan strategi pemasaran seperti apa yang baik dan sekiranya lebih tepat untuk digunakan oleh Bahja Syari agar harapannya dapat mengeskalasi penjualan serta profitnya. Data primer dan juga sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari melalui teknik pengumpulan data yang meliputi observasi partisipatif, wawancara secara mendalam, Focus Group Discussion (FGD) dan juga dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-External (IE), analisis SWOT, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa posisi strategi pemasaran berdasarkan analisis matriks IE berada pada kuadran 1, yaitu Tumbuh dan Membangun, dengan skor IFE sebesar 3,03 dan skor EFE sebesar 3,14. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari QSPM, untu strategi prioritas atau utama yang dapat direkomendasikan adalah dengan merekrut tim pemasaran yang kreatif dalam pembuatan konten promosi dan penjualan yang menarik guna meningkatkan keterlibatan konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...