Pada dasarnya dalam suatu bisnis data ada setiap harinya, namun yang harus dipikirkan adalah bukan seberapa banyak kuantitas data tersebut namun lebih ke arah pengelolaan data yang mana bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis. Saat ini, kegiatan marketing bergantung pada data untuk menganalisis dan memahami perilaku konsumen sekaligus memberikan wawasan yang jelas tentang produk atau layanan manakah yang paling populer. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis pola perilaku belanja konsumen adalah Market Basket Analysis. Analisis ini merupakan salah satu metode dalam penambangan data (data mining) yang bertujuan untuk menemukan produk-produk yang sering dibeli bersamaan dari data transaksi. penelitian ini bertujuan untuk membangun Dashboard Analytics berdasarkan Market Basket Analysis yang mudah digunakan oleh industri ritel dalam pengambilan keputusan agar meningkatkan penetrasi pasar nasional menggunakan software R Studio. Penerapan algoritma apriori pada aplikasi Dashobard Market Analysis lebih efisien dan dapat mempercepat proses pembentukan kecenderungan pola kombinasi itemset hasil penjualan produk-produk barang. Sistem aplikasi ini telah dibuat untuk memudahkan para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan penjualan. Manager suatu swalayan dapat mengatur dan mengoptimalakan posisi produk dalam rak berdasarkan hasil analisis perilaku konsumen menggunakan metode Market Basket Analysis.
Copyrights © 2025