Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dan Promosi Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Stefani, Stefani (Unknown)
Haidar, Kadori (Unknown)
Permatasari, Indah (Unknown)
Ellyawati, Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan perilaku konsumen, terutama di kalangan mahasiswa, dari belanja konvensional ke belanja online melalui platform e-commerce. Mahasiswa sebagai generasi melek teknologi, menjadi target pasar potensial bagi platform seperti shopee yang menawarkan kemudahan akses dan berbagai promosi menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-commerce dan promosi pada marketplace shopee terhadap keputusan pembelian online dikalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman angkatan 2021- 2024. Menggunakan pendekatan kuantitatif metode explanatory research, teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling jenis porpusive sampling, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 73 mahasiswa yang telah berbelanja menggunakan aplikasi shopee minimal 2-3 kali. Hasil analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 23 menunjukkan bahwa secara parsial, penggunaan e-commerce (X1) dan promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dengan nilai t-hitung masing-masing variabel (X1) 5.281 dan (X2) 9.485 melebihi t-tabel sebesar 1.667. Secara simultan, kedua variabel penggunaan e-commerce dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F-hitung = 252,690 > F-tabel = 3,13. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,878 menunjukkan bahwa 87,8% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh penggunaan e-commerce dan promosi, sementara sisanya 12,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...