Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan perilaku konsumen, terutama di kalangan mahasiswa, dari belanja konvensional ke belanja online melalui platform e-commerce. Mahasiswa sebagai generasi melek teknologi, menjadi target pasar potensial bagi platform seperti shopee yang menawarkan kemudahan akses dan berbagai promosi menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-commerce dan promosi pada marketplace shopee terhadap keputusan pembelian online dikalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman angkatan 2021- 2024. Menggunakan pendekatan kuantitatif metode explanatory research, teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling jenis porpusive sampling, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 73 mahasiswa yang telah berbelanja menggunakan aplikasi shopee minimal 2-3 kali. Hasil analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 23 menunjukkan bahwa secara parsial, penggunaan e-commerce (X1) dan promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dengan nilai t-hitung masing-masing variabel (X1) 5.281 dan (X2) 9.485 melebihi t-tabel sebesar 1.667. Secara simultan, kedua variabel penggunaan e-commerce dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F-hitung = 252,690 > F-tabel = 3,13. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,878 menunjukkan bahwa 87,8% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh penggunaan e-commerce dan promosi, sementara sisanya 12,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2025