Permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pengabdian ini adalah masih kurangnya pemahaman sebagian siswa di Panti Asuhan Imanuel Palangka Raya mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yang tercermin dari lemahnya kebiasaan menjaga kebersihan pribadi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sekaligus meningkatkan pengetahuan dan praktik siswa tentang PHBS melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR). Pendekatan ini melibatkan siswa dan pengurus panti secara aktif dalam proses identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan aksi edukatif, hingga refleksi dan evaluasi. Sasaran kegiatan adalah seluruh siswa berusia 7–17 tahun yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis pilihan ganda dan lembar observasi perilaku, yang dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil menunjukkan bahwa 90% siswa berada pada kategori pengetahuan baik, 10% cukup, dan 0% kurang. Temuan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap PHBS setelah intervensi. Untuk menjaga keberlanjutan perilaku hidup bersih dan sehat, disarankan pelaksanaan program edukasi lanjutan secara berkala serta penguatan peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) atau program serupa di lingkungan panti asuhan.
Copyrights © 2025