Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak pendapatan, hedonisme keuangan, dan kontrol diri terhadap perilaku pembelian impulsif pengguna PayLater di Desa Gintung Kerta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan verifikatif, menggunakan purposive sampling untuk mengidentifikasi 96 partisipan. Data dikumpulkan melalui survei dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa pendapatan, hedonisme keuangan, dan kontrol diri memengaruhi perilaku pembelian impulsif jika dianalisis secara bersamaan. Pendapatan memberikan pengaruh negatif dan signifikan, hedonisme keuangan memiliki dampak positif dan cukup besar, namun kontrol diri tidak secara signifikan memengaruhi perilaku pembelian impulsif. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa ketiga variabel ini secara bersama-sama menyumbang 81,2% varians dalam perilaku pembelian impulsif. Hasilnya menegaskan bahwa hedonisme keuangan memberikan pengaruh paling signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif dibandingkan dengan variabel lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik yang memengaruhi perilaku belanja impulsif di antara pengguna PayLater, sehingga memfasilitasi pengelolaan keuangan yang lebih baik
Copyrights © 2025