Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 6 No. 4 (2025): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Dan Penilaian Pasar Terhadap Penentuan Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Penawaran Umum Perdana Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2022–2024

Lamtiur R Pasaribu (Universitas Prima Indonesia)
Ike Rukmana Sari (Universitas Prima Indonesia)
Belthasar Trito Siahaan (Politeknik Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Perusahaan tertentu mengalami kerugian meskipun volume produksinya meningkat. Investor perlu mengetahui apa yang mempengaruhi harga saham emiten atau perusahaan yang ingin mereka investasikan sebelum melakukan investasi. Para investor berada di waktu yang tepat untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli saham tersebut sehingga mereka tidak mengalami kerugian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif dan bersifat hubungan sebab akibat. Berdasarkan uji F didapatkan bahwa poin Fhitung = 1,121 dalam poin signifikan 0,371. Ftabel = 2,53 dalam poin signifikan 0,05 dimana Fhitung < Ftabel ataupun 1,121 < 2,53 serta 0,371 > 0,05. Sehingga bisa diambil simpulan H0 ditolak serta Ha diterima yakni adanya pengaruh dalam variabel bebas dalam harga saham. Berdasarkan hasil Uji T diperoleh bahwa poin Thitung ukuran perusahaan (X1), umur perusahaan (X2), profitabilitas (X3), solvabilitas (X4), penilaian pasar (X5) berturut-turut adalah 1,702 -0,545 0,095 1,589 dan 0,292. Bisa diambil simpulan hanya ukuran perusahaan yang memiliki poin signifikan dalam mempengaruhi harga saham serta variabel lainnya kurang mempengaruhi harga saham karena poin Thitung > Ttabel.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...