Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo Barat merupakan institusi penyedia pelayanan kesehatan, salah satunya pelayanan gizi. Pelayanan gizi yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo Barat mencakup pelayanan makanan pasien sesuai dengan kebutuhan gizi pasien tersebut. Pelayanan gizi mempengaruhi kepuasan pasien dan diberikan secara minimal sesuai Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gizi. Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gizi terdiri dari tiga aspek, yaitu ketepatan diet (100%), ketepatan waktu distribusi makanan (≥90%), dan sisa makanan (≤20%). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketepatan diet, mendeskripsikan ketepatan waktu distribusi makanan, mengetahui sisa makanan, dan mendeskripsikan kepuasan pelayanan makanan pasien di ruang perawatan uranus RSUD Sidoarjo Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Metode penentuan responden adalah total sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi, sehingga didapatkan 43 responden. Penelitian dilakukan melalui pengamatan dan wawancara selama 10 hari pada bulan Agustus 2024. Data ketepatan diet, ketepatan waktu distribusi, dan sisa makanan dikumpulkan melalui observasi. Sedangkan, wawancara untuk mengumpulkan data kepuasan pelayanan makanan pasien. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata ketepatan diet 100%; ketepatan waktu distribusi makanan sebesar 74,7%; dan sisa makanan pasien sebesar 22%. Sedangkan, hasil wawancara kepuasan pelayanan makanan pasien menunjukkan 79,1% puas dan 20,9% sangat puas. Kesimpulan dari hasil analisis tersebut adalah pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gizi di ruang perawatan uranus Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo Barat belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gizi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kecuali pada indicator ketepatan diet. Sedangkan, rata-rata pasien puas pada pelayanan makanan rumah sakit.
Copyrights © 2025