Keterampilan literasi peserta didik di SDN Ganggangtingan masih tergolong rendah. Keadaan tersebut sejalan dengan kondisi perpustakaan dan mading sekolah yang tidak lagi difungsikan sebagai fasilitas literasi peserta didik. Tujuan kegiatan pengabdian ini ialah untuk mengupayakan peningkatan keterampilan literasi peserta didik. Metode pelaksanaan dilakukan dengan tahap observasi dan analisis situasi, penyusunan rencana kegiatan dan pendampingan program, serta evaluasi kegiatan. Program pengabdian ini dilakukan mulai FebruariāJuni 2023 melalui implementasi program Kampus Mengajar angkatan 5. Program pendampingan yang dilakukan meliputi (a) revitalisasi perpustakaan, (b) revitalisasi mading sekolah, (c) gerakan literasi sekolah, (d) lomba kelas bersih dan berliterasi (berseri), serta (e) pendampingan bimbingan belajar. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan nilai AKM literasi peserta didik dari 31% menjadi 76% dengan nilai 65 meningkat menjadi 85. Hal positif yang tampak pada peserta didik yaitu sikap positif peserta didik yang rajin ke perpustakaan, disiplin dalam pengisian konten mading, serta partisipasi dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti lomba kelas berseri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan dikatakan berhasil. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan tetap dilanjutkan oleh pihak sekolah sehingga tetap dapat memfasilitasi peserta didik dengan lingkungan yang mendukung terciptanya budaya berliterasi.
Copyrights © 2025