Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tercapainya optimalisasi kualitas belajar peserta didik pasca pembelajaran daring. Masih banyak peserta didik yang nilainya masih terbilang standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation terhadap peningkatan prestasi peserta didik pada mata pelajaran SKI. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII 5 dan VIII 6 di MTs Negeri 1 Garut. Dari hasil rekapitulasi melalui kegiatan lembar observasi diketahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation baik sekali dengan hasil 84%”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada mata pelajaran SKI bisa dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan melalui pretest dan posttest. Dibuktikan bahwa sebelum penerapan model cooperative learning tipe group investigation rata-rata nilai hanya sebesar 57 di kelas eksperimen, sedangkan setelah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan sebelumnya yakni 80.
Copyrights © 2025