Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 5 (2025): MEI 2025

Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kelayakan Umkm Ditinjau Dari Perspektif Studi Kelayakan Bisnis Islam

Aldhi Erwanto (Unknown)
M. Akmal Khairan Khairullah (Unknown)
Muhammad Rizki Rahmadin (Unknown)
Muhammad Nabil (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2025

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak besar terhadap keberlangsungan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Banyak UMKM mengalami penurunan pendapatan, kesulitan produksi, hingga ancaman gulung tikar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pandemi terhadap kelayakan UMKM dengan pendekatan studi kelayakan bisnis Islam, yang tidak hanya menilai aspek finansial dan pasar, tetapi juga menekankan nilai-nilai syariah seperti keadilan, kebermanfaatan, dan keberkahan usaha. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa UMKM yang terdampak pandemi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kelayakan pasar dan keuangan mengalami penurunan signifikan, namun UMKM yang menerapkan prinsip bisnis Islami lebih adaptif dan bertahan dengan strategi berbasis syariah, seperti sistem bagi hasil, penguatan komunitas, dan efisiensi produksi yang halal. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa kelayakan usaha yang berpijak pada prinsip Islam dapat menjadi solusi berkelanjutan dalam menghadapi krisis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...