Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 6 (2025): JUNI 2025

STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF YAYASAN RUMAH PINTAR DALAM MEMETAKAN JENJANG PENDIDIKAN REMAJA

Khonsa Khoulah (Unknown)
Maria Fitriah (Unknown)
Ali Alamsyah Kusumadinata (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Fenomena minimnya kesadaran remaja akan perencanaan terhadap pendidikan menjadi tantangan utama dalam dinamika Yayasan Rumah Pintar. Hal tersebut berdampak pada angka pengangguran yang tinggi dan angka pelajar yang merasa salah jurusan. Penelitian ini menjelaskan pentingnya memetakan jenjang pendidikan untuk menunjang kesuksesan karir remaja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Pintar, dalam upaya memetakan jenjang pendidikan remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori yang diterapkan adalah strategi komunikasi persuasif yang dikembangkan oleh Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach, yang terdiri dari: 1) Strategi Psikodinamika, 2) Sosiokultural, dan 3) The meaning of contructions. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa strategi komunikasi persuasif yang diterapkan oleh yayasan dapat memengaruhi perilaku dan pandangan remaja terhadap pendidikan. Kekhawatiran mengenai masa depan ini mendorong remaja untuk memiliki keinginan dan perencanaan yang lebih matang terkait pendidikan. Perubahan sikap dan pemikiran remaja tersebut terlihat dari bagaimana mereka mulai memandang perkuliahan sebagai sarana untuk mencapai kesuksesan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...