Integral garis merupakan konsep penting dalam kalkulus vektor yang digunakan untuk menghitung usaha gaya, namun banyak mahasiswa mengalami kesulitan memahaminya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kesulitan mahasiswa dalam mempelajari integral garis pada mata kuliah kalkulus vektor. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif di Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara semester genap 2024/2025. Subjek penelitian adalah 3 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan kriteria mengalami kesulitan pembelajaran integral garis. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan observasi dengan tiga pertanyaan analisis mengenai kesulitan perhitungan integral garis, langkah membingungkan dalam menghitung usaha menggunakan integral garis pada medan vektor, dan bagian sulit dalam mengerjakan soal. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan mahasiswa bersumber dari pemahaman konsep dasar yang kurang mendalam, khususnya hubungan diferensiasi dan integrasi dalam konteks kurva parametrik, serta ketidakmampuan mengaplikasikan konsep teoretis ke penyelesaian soal praktis. Mahasiswa mengalami kebingungan pada tahap diferensiasi variabel x, y, z dan transisi ke integrasi, serta kesulitan menentukan parameter dan batasan saat menghitung usaha pada medan vektor.
Copyrights © 2025