Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02` (2025): Volume 10 No. 2 Juni 2024 In Built

SAINS PEMBELAJARAN FOTOGRAFI SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN GANDA

Melani Putri (Unknown)
A Majid Binfas, Maman (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

ABSTRAK Kehadiran konsep Gardner pada tahun 2003 mengenai faktor-faktor kecerdasan pada anak telah mengubah perspektif terhadap pemahaman tentang kecerdasan. Pada mulanya kecerdasan hanya dikaitkan dengan kemampuan logika untuk memahami fenomena yang terkait dengan aspek kognitif. Namun, seiring perkembangannya kecerdasan tidak hanya terbatas pada kemampuan logika, tetapi juga melibatkan dimensi emosional yang perlu diakui dan dihargai menjadi perpaduan Multiple Intelliegences. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya mengembangkan ilmu fotografi dengan memanfaatkan pembelajaran kecerdasan ganda pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar. Metodelogi digunakan adalah metode kualitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran fotografi yang multidispliner atau ganda, ternyata mahasiswa dapat mengintegrasikan IQ, EQ, SQ, CQ dan AQ secara komprehensif. Sekalipun, belum dijadikan ukuran yang maksimal dikarenakan tata kelola Sumber Daya Manusia (SDM) masih belum selaras dengan esensi dari multiple intelligences sesungguhnya. Namun, guna mengembangkan skill fotografi mesti diajarkan pada mahasiswa Teknologi Pendidikan sebagai sains pembelajaran multidispliner atau ganda. Di mana, kecerdasan intelektual harus sejalan dengan kedalaman spiritual dan kepekaan hati nurani yang baik, serta memiliki kepribadian yang sopan dan taat kepada Tuhan yang menciptakannya. Apabila tidak disatukan, kehidupan dapat terpecah belah dan menimbulkan bencana, baik di dunia maupun akhirat serta membawa derita yang tak terhitung. Oleh karena itu, pentingnya pendidikan harus dihargai dengan pencerahan logika mawarda marahmah al madina munawarah yang rahmatan lil alamin, artinya negeri yang berperadaban dicintai oleh seluruh alam semesta. Hal itu sehingga sains pembelajaran fotografi sebagai upaya mengembangkan kecerdasan ganda pada anak didik, dan ini telah diupayakan oleh Dosen dan Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar. Bahkan di Universitas Muhammadiyah Makassar telah menjadikan mata kuliah fotografi sebagai salah satu pembelajaran keterampilan yang bermanfaat. Untuk memberikan nilai lebih dalam meningkatkan motivasi belajar dan bernilai ibadah kepada mahasiswanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...