Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 03 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024

PENGARUH PERMAINAN RAINBOW BALL TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA DESA NGARUM

Rohmah, Izzah Salsabila (Unknown)
Naili Sa’ida (Unknown)
Nina Veronica (Unknown)
Endah Hendarwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan Rainbow Ball terhadap kemampuan numerasi anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita. populasi dalam penelitian ini anak-anak di TK Dharma Wanita. Sampel dalam Penelitian 12 anak TK A di TK Dharma Wanita, metode dalam penelitian kuantitatif dengan design one group pretest dan posttest, teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon test dengan Nilai signifikan 5% dengan N=12 maka nilai Ttabel adalah 14. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua subjek mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari pencapaian aspek numerasi pada posttest. Sehingga dapat dilihat bahwa nilai Thitung = 0 dan Ttabel = 14, sehingga Thitung < Ttabel. Artinya, Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian disimpulkan media permainan Rainbow Ball memberikan pengaruh yang positif terhadap perkembangan numerasi anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita. Hal ini dapat dilihat dari aspek numerasi yang bertambah setelah bermain permainan Rainbow Ball selain itu, anak-anak juga belajar untuk mandiri dan berani maju ke depan untuk bermain permainan Rainbow Ball. Kata Kunci: Anak usia dini, Kemampuan Numerasi, Permainan Rainbow Ball.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...