Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 4 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 In Press

STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI

Urrahmah, Oktavia Nisa (Unknown)
Mas'ud, Sulthon (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter mandiri pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Pada tahap analisis data menurut pemikiran Stevick, Colaizzi, dan Keen adalah menetapkan lingkup fenomena yang akan diteliti; menyusun daftar pertanyaan; pengumpulan data; dan tahap cluster of meaning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter mandiri pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dapat melalui strategi modifikasi kurikulum, motivasi, dan pendekatan individual. Penempatan strategis di kelas dan ruang untuk meluapkan emosi membantu ABK fokus. Kolaborasi antara guru dan orang tua berperan penting dalam mendukung konsistensi pembelajaran dan pengembangan tanggung jawab ABK, baik di sekolah maupun di rumah. Strategi ini terbukti dapat menanamkan karakter mandiri yaitu: rasa percaya diri, mengatasi masalah, dan tanggung jawab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...