Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04, Desember 2024.

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK

Juita, Juita Dalimunthe (Unknown)
Nuzul, Nuzul Rahmadani (Unknown)
Dzaki, Abiy Dzaki (Unknown)
Sholeh, Muhammad Sholeh (Unknown)
Eko, Eko Kuntarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis pemerolehan bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar, yang memiliki peran penting dalam proses belajar-mengajar serta perkembangan kognitif dan sosial anak. Penguasaan bahasa Indonesia sejak dini menjadi fondasi utama untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi efektif, baik dalam konteks akademik maupun sosial. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi pola pemerolehan bahasa serta faktor-faktor pendukung dalam proses tersebut. Hasil penelitian menunjukkan dalam proses pemerolehan bahasa, terdapat berbagai berbagai faktor seperti peran keluarga, lingkungan, dan pajangan bahasa berkontribusi terhadap tingkat penguasaan bahasa anak. Selain itu, kemampuan berpikir abstrak dan logis yang berkembang seiring usia juga mendukung pemahaman tata bahasa dan penggunaan bahasa yang lebih kompleks. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan strategi optimal dalam meningkatkan keterampilan berbahasa anak dan mendukung kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan berpikir kritis di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...