Penelitian ini menganalisis pemerolehan bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar, yang memiliki peran penting dalam proses belajar-mengajar serta perkembangan kognitif dan sosial anak. Penguasaan bahasa Indonesia sejak dini menjadi fondasi utama untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi efektif, baik dalam konteks akademik maupun sosial. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi pola pemerolehan bahasa serta faktor-faktor pendukung dalam proses tersebut. Hasil penelitian menunjukkan dalam proses pemerolehan bahasa, terdapat berbagai berbagai faktor seperti peran keluarga, lingkungan, dan pajangan bahasa berkontribusi terhadap tingkat penguasaan bahasa anak. Selain itu, kemampuan berpikir abstrak dan logis yang berkembang seiring usia juga mendukung pemahaman tata bahasa dan penggunaan bahasa yang lebih kompleks. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan strategi optimal dalam meningkatkan keterampilan berbahasa anak dan mendukung kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan berpikir kritis di masa depan.
Copyrights © 2024