Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika yang berakibat pada kemampuan perhitungan perkalian siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar. Pembelajaran matematika kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar masih menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan media pembelajaran. Maka dari itu perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan berhitung siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar sebelum menggunakan media sederhana “Tas Perkalian”. 2). Untuk mengetahui bagaimana kemampuan berhitung siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar sesudah menggunakan media sederhana “Tas Perkalian”. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sederhana “Tas Perkalian” terhadap kemampuan berhitung siswa kelas IV matematika SD Inpres Bontomanai Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian yaitu pre-test and post-test one group design yang hanya menggunakan satu kelas eksperimen tanpa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest), angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, statistik inferensial yang terbagi atas: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Kemampuan berhitung siswa meningkat setelah diberikan perlakuan menggunakan media sederhana “kantong perkalian”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media “kantong perkalian” terhadap kemampuan berhitung matematika siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar.
Copyrights © 2024