Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024

PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN BRAKAS II

Amalinda, Sofiyatul (Unknown)
Kuswandi, Iwan (Unknown)
Misbahudholam AR, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untk mengetahui pengaruh kedisiplinan gruru terhadap pembentukan karakter siswa di SDN Brakas II. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan prangkat lunak SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan guru memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap pembentukan karakter siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,488 dan tingkat signifikansi 0,003 <0,05. Nilai ini menunjukkan hubungan yang erat antara kedisiplinan guru dan pembentukan karakter siswa dalam kata lain bahwa peningkatan kedisiplinan guru dapat memperbaiki sikap, perilaku dan moralitas siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru sebagai teladan dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang tertib dan kondusif untuk mendukung optimalisasi pengembangan karakter siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...