Journal Media Public Relations
Vol. 5 No. 1 (2025): Journal Media Public Relation (JMP)

PERAN MARKETING KOMUNIKASI PANASONIC DALAM MENYEBARKAN INFORMASI PRODUK DI INSTAGRAM @PANASONIC.EW.ID

Kusumawardani, Anggi Dwi (Unknown)
Astuti, Vivien Febri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Media sosial menjadi sarana komunikasi pemasaran yang penting dalam memperkenalkan produk dan membangun hubungan dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran marketing komunikasi Panasonic Gobel Life Solutions Indonesia melalui akun Instagram @panasonic.ew.id dalam menyebarkan informasi produk dengan pendekatan strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi produk difokuskan pada edukasi fitur produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Strategi harga disampaikan secara tidak langsung karena keterbatasan regulasi, dengan menekankan pada nilai produk dan promosi diskon. Instagram digunakan sebagai kanal distribusi informasi, sedangkan transaksi diarahkan ke marketplace dan dealer resmi. Promosi dilakukan secara soft selling berdasarkan riset kebutuhan audiens. Evaluasi performa konten dilakukan secara berkala berdasarkan insight instagram, untuk peningkatan efektivitas kampanye. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi strategi 4P yang adaptif dan berbasis konsumen menjadi kunci dalam meningkatkan brand awareness dan engagement di media sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal Media Public Relations (JMP) merupakan jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi. Jurnal ini memuat hasil karya ilmiah berupa penelitian lapangan maupun studi pustaka yang berkenaan dengan Ilmu Komunikasi, yaitu, Ilmu komunikasi, public relation, Komunikasi Pariwisata, Media, Teknologi ...