Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII MTS MU’ALLIMAT NW ANJANI TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Reni Sugihartini (Unknown)
Amrullah (Unknown)
Junaidi (Unknown)
Laila Hayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan menyajikan notasi, simbol, tabel, gambar, grafik, diagram, persamaan atau ekspresi matematis lainnya ke dalam bentuk lain. Setiap siswa berbeda dalam cara memperoleh, menyimpan, dan menerapkan informasi atau pengetahuan yang biasa dikenal dengan gaya belajar. Perbedaan gaya belajar ini dapat menimbulkan keragaman kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) yang memiliki gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes kemampuan representasi matematis, dan pedoman wawancara. Subjek diambil dari setiap gaya belajar masing-masing dua orang siswa untuk diwawancarai secara mendetail agar mendapatkan informasi yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial mampu memenuhi tiga indikator kemampuan representasi matematis, yaitu representasi visual, simbolik, dan verbal. Namun berdasarkan hasil tes dan wawancara secara lebih mendalam siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung kurang memperhatikan detail dalam menggambar grafik. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi dua indikator kemampuan representasi matematis, yaitu representasi visual dan simbolik. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya belajar kinestetik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...