Pelaksanaan kurikulum keagamaan dan pengetahuan umum di Pondok Pesantren Ulul Albab Modern Makassar dengan fokus pada integrasi kedua aspek pendidikan ini. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen yang melibatkan kiai, ustaz, santri, alumni, dan orang tua santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren ini berhasil mengintegrasikan pendidikan agama dan umum secara seimbang, menerapkan pendekatan holistik dalam kurikulum yang memungkinkan siswa mengembangkan karakter, keterampilan, dan pengetahuan yang relevan dengan tantangan dunia modern. Fasilitas yang memadai dan manajemen kolaboratif antar pimpinan pesantren juga berkontribusi pada terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Dengan demikian, Pondok Pesantren Modern Ulul Albab dapat dijadikan contoh bagi pesantren lainnya dalam menciptakan generasi berkualitas yang siap menghadapi tantangan global
Copyrights © 2025