Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook berorientasi kearifan lokal Bali yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan tes. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan validitas media memperoleh indeks CVI sebesar 1,00 dan 0,93 dengan kategori validitas istimewa. Berdasarkan penilaian guru, media yang dikembangkan memperoleh kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 92,14%. Selain itu dalam uji kelompok kecil dan uji perorangan, media pembelajaran memperoleh kategori sangat praktis dengan persentase 89,69% dan 90,91%. Berdasarkan hasil uji coba, produk dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan effect size sebesar 1,654 yang tergolong tinggi. Produk juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan perolehan sig. 0,000 < 0,05 dengan effect size sebesar 1,445 yang tergolong tinggi. Sementara itu, produk juga dinyatakan berpengaruh signifikan secara simultan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan berpikir kritis siswa kelas V SD.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025