Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Press

PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL BALI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD

Desak Ketut Trisna Lestari (Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha)
Ketut Suma (Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Widiana (Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook berorientasi kearifan lokal Bali yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan tes. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan validitas media memperoleh indeks CVI sebesar 1,00 dan 0,93 dengan kategori validitas istimewa. Berdasarkan penilaian guru, media yang dikembangkan memperoleh kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 92,14%. Selain itu dalam uji kelompok kecil dan uji perorangan, media pembelajaran memperoleh kategori sangat praktis dengan persentase 89,69% dan 90,91%. Berdasarkan hasil uji coba, produk dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan effect size sebesar 1,654 yang tergolong tinggi. Produk juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan perolehan sig. 0,000 < 0,05 dengan effect size sebesar 1,445 yang tergolong tinggi. Sementara itu, produk juga dinyatakan berpengaruh signifikan secara simultan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan berpikir kritis siswa kelas V SD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...