Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Press

PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DAN KOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR

Feny Milenia Dehamayanti (Unknown)
Lukman Nulhakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dan menganalisis besarnya pengaruh kemampuan literasi dan komunikasi belajar siswa Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SDN 1 Banjaririgasi Kecamatan Lebakgedong Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas IV SDN 1 Banjaririgasi Kecamatan Lebakgedong Kabupaten Lebak sebanyak 64 orang dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian, sehingga teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan, bahwa: (1) terdapat pengaruh kemampuan literasi terhadap hasil belajar, (2) terdapat pengaruh komunikasi siswa terhadap hasil belajar siswa, dan (3) terdapat pengaruh literasi dan komunikasi siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa, dengan besarnya pengaruh 72,59% dan sisanya 27,41% dipengaruhi oleh variabel selain kemampuan literasi dan komunikasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...