Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dan menganalisis besarnya pengaruh kemampuan literasi dan komunikasi belajar siswa Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SDN 1 Banjaririgasi Kecamatan Lebakgedong Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas IV SDN 1 Banjaririgasi Kecamatan Lebakgedong Kabupaten Lebak sebanyak 64 orang dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian, sehingga teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan, bahwa: (1) terdapat pengaruh kemampuan literasi terhadap hasil belajar, (2) terdapat pengaruh komunikasi siswa terhadap hasil belajar siswa, dan (3) terdapat pengaruh literasi dan komunikasi siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa, dengan besarnya pengaruh 72,59% dan sisanya 27,41% dipengaruhi oleh variabel selain kemampuan literasi dan komunikasi belajar siswa.
Copyrights © 2025