Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan model examples non examples berbantuan media flashcard terhadap keterampilan menulis siswa kelas II SD 3 Papringan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun eksperimen yang digunakan yaitu quasi-experimental dengan desain nonequivalent control group design. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data alam penelitian ini menggunakan soal pretest dan posttest yang diberikan kepada dua kelas yang berbeda yaitu 24 siswa dari SD 3 Papringan sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa dari SD 2 Papringan sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan hasil nilai sig untuk kelas eksperimen sebesar 0,170 > 0,05 dan kelas kontrol sebesar 0,324 > 0,05. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t dengan uji independent sample t-test menghasilkan nilai sig (2-tailed) = 0,008 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model examples non examples berbantuan media flashcard dengan pembelajaran ekspositori terhadap keterampilan menulis siswa. Sedangkan uji paired sample t-test menghasilkan nilai sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan yang signifikan dalam penggunaan model examples non examples berbantuan media flashcard terhadap keterampilan menulis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025