Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Press

PENGARUH PRESEPSI SISWA PADA MEDIA GAME KAHOOT TERHADAP EVALUASI BELAJAR SISWA MATAPELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

zalma03 niendyapangestika_02 (Universitas Negeri Semarang)
Dian Khoiriyani Putri (Universitas Negeri Semarang)
Muh. Adrikni Al-Hakim (Universitas Negeri Semarang)
Lyna Latifah (Universitas Negeri Semarang)
Sandy Arief (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu alat yang digunakan oleh para pengajar sebagai penyampaian materi pembelajaran, meningkatkan kreativitas siswa, dan meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran. teknologi pendidikan adalah sebagai penerapan prinsip-prinsip berbasis pengetahuan dalam mengatasi tantangan pembelajaran. Dalam pendidikan media pembelajaran sangat penting untuk diterapkan di dunia pendidikan. Maka perlunya pelibatan aplikasi ini pada proses belajar bila dikatakan perlu untuk menunjang pembelajaran yang cenderung membosankan. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini dilakukan melalui pengambilan data melalui penelitian survey dengan pengumpulan kuesioner. Tekning sampling yang disebarkan secara purposive sampling diisi oleh 55 responden dari total populasi sebanyak 123 siswa. Responden berasal dari siswa aktif kelas XI SMA-S Al-Kautsar Bandar Lampung. Analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana dan diolah dengan program SPSS 26. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh persepsi siswa dalam menggunakan game kahoot memengaruhi evaluasi belajar ekonomi. Dengan kadar determinasi sebesar 0,467, atau 64,6% dari persepsi siswa menggunakan game kahoot dipengaruhi oleh evaluasi belajar dan faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model ini adalah 35,4.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...