Di tengah meningkatnya degradasi moral dalam dunia pendidikan modern, pentingnya adab sebagai fondasi pembelajaran dalam Islam kembali menjadi perhatian utama. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan adab menurut Imam Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lîm al-Muta’allim serta mengevaluasi relevansinya dalam menghadapi tantangan pendidikan kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi pustaka dengan teknik dokumentasi dan analisis isi terhadap teks primer dan literatur pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Az-Zarnuji merumuskan adab belajar dalam sejumlah aspek, seperti pelurusan niat, pemilihan ilmu dan guru, penghormatan terhadap ulama, keseriusan belajar, istiqamah, tawakal, dan wara’. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan adab tidak hanya berperan dalam pembentukan akhlak, tetapi juga mendukung keberhasilan proses kognitif dan spiritual peserta didik. Penelitian ini memperkuat gagasan pendidikan Islam sebagai proses integratif antara ilmu dan moralitas, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan model pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai tradisional Islam. Studi selanjutnya disarankan untuk menggali penerapan praktis nilai-nilai adab ini di lembaga pendidikan formal melalui pendekatan lapangan.
Copyrights © 2025