Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

DAMPAK TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS VIII MTS BHAYANGKARA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA : Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka

haryani (Unknown)
Dina Mutiah (Unknown)
Haliq, Abdul Haliq (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Di era modern sekarang sudah sangat tidak asing lagi dengan istilah laptop, smartphone, atau computer, dan sebagainya, alat-alat inilah yang disebut sebagai teknologi. Penerapan teknologi dalam mempelajari bahasa Indonesia sudah tentu memiliki dampak positif dan negatif, dampak negatif tersebut akan menjadi tentang bagi guru dan orang tua di era digital sekarang. Adanya teknologi dapat membantu guru dalam menyampaikan informasi, menjelaskan materi dan sebagainya, teknologi juga membantu siswa dalam kegiatan proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penerapan teknologi dalam meningkatkan minat siswa mempelajari bahasa Indonesia serta menganalisis dan memahami dampak positif dan negatif dari penerapan teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Responden dari penelitian ini adalah siswa MTs Bhayangkara kelas VIII. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data diperoleh melalui survei dan observasi, serta dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini berbeda dari penelitian lainnya karena menggunakan metode kuantitatif dan survei deskriptif untuk menganalisis data, sementara penelitian lain menggunakan metode berbeda seperti aplikasi augmented reality dan komunikasi berbasis digital. Secara keseluruhan, teknologi memiliki potensi besar dalam pendidikan jika digunakan dengan bijak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...