Pendidikan memegang peranan penting dalam peradapan manusia guna mengembangkan kemampuan dalam dirinya, salah-satunya adalah kemampuan numerasi. Mengembangkan kemampuan tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah-satunya menerapkan proses pembelajaran yang menggunakan metode multisensori seperti metode VAKT. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran visual, auditory, kinestetic, tactile (VAKT) terhadap kemampuan numerasi siswa kelas II SDN 28 Cakaranegara tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sample dalam penelitian adalah siswa kelas II SDN 28 Cakranegara yang terdiri dari 48 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan soal tes kemampuan numerasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji pra-syarat yaitu normalitas dan homogenitas. Selanjutnya, uji hipotesis menggunakan uji Independet Sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai signifikansi yaitu 0.000 < 0.05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian, dilihat dari uji effect size sebesar 0.10 berada di antara klasifikasi d ≤ 0.5, dimana pengaruh metode VAKT terhadap kemampuan numerasi tergolong dalam kategori sedang. Ho ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan ada pengaruh metode pembelajaran visual, auditory, kinestetic, tactile (VAKT) terhadap kemampuan numerasi siswa kelas II SDN 28 Cakranegara tahun ajaran 2024/2025”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025