Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Progres

IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK UNTUK KESEJAHTERAAN PESERTA DIDIK DI SDIT CORDOVA 4

Nazwa Azhar Aulia (Universitas Negeri Jakarta)
Uswatun Hasanah (Universitas Negeri Jakarta)
Petrus Paulus Mbette (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SDIT Cordova 4 Pinang Kota Tangerang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan prinsip-prinsip SRA meskipun belum secara formal mengadopsi program tersebut. Upaya yang dilakukan meliputi penciptaan lingkungan belajar yang aman dan nyaman, pembentukan kedekatan emosional antara guru dan siswa, serta kolaborasi dengan orang tua melalui komite sekolah. Namun, ditemukan beberapa tantangan, seperti masih adanya kasus perundungan verbal dan kurangnya pelatihan khusus bagi guru terkait SRA. Secara keseluruhan, implementasi nilai-nilai SRA di SDIT Cordova 4 telah memberikan dampak positif terhadap kenyamanan dan keterbukaan siswa, meskipun masih diperlukan penguatan dalam aspek pengawasan interaksi siswa dan peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan yang lebih terstruktur.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...