Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SDN 205/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 205/IV Kota Jambi pada tahun ajaran 2024/2025 . Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa serta dominasi metode ceramah dalam proses pembelajaran IPAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental jenis one group pre-test and post-test design. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas V yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kritis sebelum dan sesudah penerapan model TPS. Hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Rata-rata nilai pre-test sebesar 48,47 meningkat menjadi 84,20 pada post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS. Oleh karena itu, model TPS direkomendasikan sebagai alternatif model pembelajaran aktif yang dapat diterapkan di sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2025