Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

Metode Pembelajaran dan Tes Keterampilan pada Kemampuan Menulis dalam Bahasa Indonesia di Sekolah

Nur Aisyah Alya Sharma Sharma (Universitas Negeri Makassar)
Arshyta Maharani (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Haliq (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari studi ini ialah untuk mengetahui dampak dari strategi pembelajaran dan latar belakang pengetahuan terhadap kemahiran murid dalam menulis bahasa Indonesia di dalam kelas. Hasilnya dapat dijelaskan secara mendalam dan dengan banyak analisis karena penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sistem penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, baik dalam bentuk tertulis maupun lisan, merupakan dasar dari penelitian kualitatif. Penulis mencari dan mengumpulkan informasi dari sejumlah publikasi referensi dan situs online untuk tujuan penelitian ini. Salah satu definisi teknik pembelajaran adalah pendekatan pendidikan yang memanfaatkan aktivitas dunia nyata untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Metode pembelajaran adalah pendekatan untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui pelaksanaan rencana yang telah ditetapkan dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis. Temuan menunjukkan bahwa ada berbagai macam pendekatan untuk pengajaran menulis. Namun, tidak semua pendekatan dapat digunakan untuk mengajar orang menulis. Kemampuan menulis adalah sebuah keterampilan proses. Kegiatan menulis itu sendiri, dan bagaimana anak-anak belajar untuk merangkai kalimat tentang apa saja dan segala sesuatu yang mereka sukai, harus menjadi pusat dari setiap instruksi menulis. Berbagai pendekatan digunakan untuk mengajarkan menulis, termasuk yang berikut ini: teknik langsung, komunikatif, integratif, tematik, konstruktivis, dan kontekstual. Dengan cara yang sama seperti ujian kemampuan lisan yang dapat berfungsi sebagai ujian praktik, ujian kemampuan menulis juga bisa. Kompetensi menulis adalah bagian dari kemahiran linguistik yang mencakup mencerna materi dan menggunakan bahasa secara efektif. Kurangnya pemahaman tentang dasar-dasar keberhasilan dan keterampilan menulis merupakan akar dari kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas menulis. Tes kemahiran menulis yang ditujukan semata-mata untuk mengetahui kemampuan berbahasa, atau lebih tepatnya hanya unsur kebahasaan tertentu, bersifat lebih deskriptif atau mungkin integratif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...