Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Progres

UJI KELAYAKAN BAHAN AJAR LITERASI BACA-TULIS BERBASIS WHOLE LANGUAGE UNTUK SISWA SD DI WILAYAH 3T

Nurul Febrianti Rumalowak (Universitas Negeri Semarang)
Eko Handoyo (Universitas Negeri Semarang)
Tri Suminar (Universitas Negeri Semarang)
Tri Joko Raharjo (Universitas Negeri Semarang)
Eka Titi Andaryani (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Kemampuan literasi siswa di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) masih tergolong rendah, yang disebabkan antara lain oleh keterbatasan bahan ajar yang relevan dan pendekatan pembelajaran yang kurang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan instrumen penilaian bahan ajar literasi berbasis pendekatan Whole Language, khusus untuk siswa sekolah dasar di Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek validasi terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa ahli media memberikan persentase kelayakan sebesar 83,70% (kategori “Layak”), ahli materi sebesar 91,49% (kategori “Sangat Layak”), dan ahli bahasa sebesar 91,8% (kategori “Sangat Layak”). Temuan ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas dan layak untuk digunakan pada tahap pengembangan dan implementasi selanjutnya. Penelitian ini memberikan kontribusi awal dalam peningkatan pembelajaran literasi yang kontekstual dan sesuai kebutuhan di wilayah 3T.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...