Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

Penerapan Filsafat Idealisme dalam Pembelajaran Sejarah : Penerapan Filsafat Idealisme dalam Pembelajaran Sejarah

Balqis Edenia, balqisedenia (Unknown)
Syafruddin Yusuf (Unknown)
Rani Oktapan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Dalam kepenulisan artikel ini penulis akan mengangkat tema yakni mengenai salah satu ilmu yang ada dan dianggap sebagai induk dari seluruh ilmu yaitu filsafat, namun hal yang menjadi konsen atau focus dalam tulisan ini adalah filsafat idealisme yang merupakan salah satu aliran yang ada dan memiliki pengaruh didalam dunia pendidikan. Untuk itu pemikiran dari aliran filsafat idealisme ini akan dituangkan dan dihubungkan dengan ilmu dari sejarah, hal yang membuat menarik yakni hubungan dalam penerapan filsafat idealisme dengan mata pelajaran sejarah. Dengan begitu maka penelitian dalam tulisan ini akan menggunakan metode kualitatif yang membahas mengenai filsafat pendidikan aliran idealisme dan ilmu sejarah yang mana dalam dunia pendidikan penerapannya itu dalam mata pelajaran sejarah. Untuk itu pada hakikatnya pengumpulan data kualitatif ini dilakukan dengan melalui pencarian terhadap berbagai sumber baik dari tulisan berupa buku, koran, artikel, internet, dan sebagainya yang dalam pengumpulan sumber ini juga turut dilakukan dengan melakukan analisis terhadap sumber sehingga kesesuaian antara isi dan tema yang dikaji memiliki keterkaitan satu sama lain. Filsafat, Idealisme, dan Sejarah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...